Selasa, 27 Januari 2015

MARKETING MIX PADA PT CERES








Marketing Mix adalah suatu strategi marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin. Berdasarkan data - data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi berdasarkan langganan, agar proses penjualan berjalan lancar.
Marketing Mix kali ini dilakukan pada strategi marketing PT.CERES yang akan menelaah bagaimana cara ia menjual produknya seefektif mungkin.

          Dalam pemasaran konvensional (real business) terdapat 4 prinsip dasar yang terdiri dari 4P, yaitu:

1. Product
Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing mix, anda harus mempunyai produk yang bagus, berkualitas. Dan sesuai dengan kebutuhan target pelanggan anda.

Disini produk yang di bahas ialah produk dari PT.CERES yang mempunyai bahan dasarnya merupakan coklat. Terdapat banyak sekali variasi rasa, bentuk, serta jenis coklat yang disediakan. Seperti dibawah ini:





2. Price
          Price atau harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat marketing mix. Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat - manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

Untuk harga sangat bervariasi dan dinilai cukup terjangkau, berkisar Rp. 8000 – Rp.25.000 disini tentunya harga menentukan kualitas dan ukuran coklat per kemasannya.

3. Place
Diantara 4P dalam marketing Mix, komponen place mungkin kurang banyak diperhatikan oleh para pemasar atau manajemen. Padahal komponen place ini memegang peranan yang sangat penting dalam pemasaran, karena tujuan utama dari pemasaran adalah menyalurkan barang - barang atau jasa, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran yang harus dilalui oleh barang - barang dari produsen ke konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat.

Untuk place disini jika produk dan harga telah ditetapkan, kini tinggal menentukan tempatnya. Dalam pembuatan bertempat di Jalan Moh.Toha Bandung. 




Serta yang paling penting ialah untuk memasarkan beragam produknya ia menetapkan place pada supermarket. Karena supermarket salah satu dimana para konsumen berdatangan. Bisa dilihat suasana tempatnya seperti yang dibawah ini:


Adapun pada tempat bermain anak yaitu Kidzania yang dimana ini adalah tempat segala profesi yang bisa diperankan oleh anak-anak. Dan terdapat sebuah silverqueen factory disana. Dengan adanya silverqueen factory anak-anak dipengaruhi oleh pemasaran sebuah coklat dan dengan itu diharapkan minat anak-anak pada coklat dapat meningkat sehingga memperluas pangsa pasar PT.Ceres itu sendiri, seperti dibawah ini:




4. Promotion
Promosi dalam marketing mix meliputi komunikasi pemasaran yang lengkap terpadu yang pada gilirannya meliputi iklan serta promosi penjualan. Promosi juga menentukan segmentasi targeting dan positioning produk.

Cara promosi yang dilakukan oleh PT.Ceres dengan penyebaran brosur belanja yang disebarkan oleh alfamart ataupun giant yang merupakan sebuah supermarket yang cukup ramai diserbu para konsumen. Contohnya seperti yang dibawah ini:






Pada PT.ceres ini promosi yang unik dengan menggunakan moment yang sangat dinanti anak muda yaitu memberikan hadiah sebuah boneka saat hari valentine di setiap pembelian produk coklatnya. Contohnya seperti yang dibawah ini:




1 komentar:

  1. Pa saya bisa beli Silverqueen ga kalo bisa saya minta harga nya buat saya jual lagi

    BalasHapus