Marketing
Mix adalah suatu strategi marketing yang menekankan bagaimana cara menjual
produk seefektif mungkin. Berdasarkan data - data yang diperoleh dan
dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi
berdasarkan langganan, agar proses penjualan berjalan lancar.
Marketing
Mix kali ini dilakukan pada strategi marketing PT.CERES yang akan menelaah
bagaimana cara ia menjual produknya seefektif mungkin.
Dalam pemasaran konvensional (real business) terdapat 4 prinsip dasar yang terdiri dari 4P, yaitu:
1. Product
Produk
adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing mix, anda
harus mempunyai produk yang bagus, berkualitas. Dan sesuai dengan kebutuhan
target pelanggan anda.
Disini
produk yang di bahas ialah produk dari PT.CERES yang mempunyai bahan dasarnya
merupakan coklat. Terdapat banyak sekali variasi rasa, bentuk, serta jenis
coklat yang disediakan. Seperti dibawah ini:
2. Price
Price atau harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat marketing mix. Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat - manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
Price atau harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat marketing mix. Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat - manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
Untuk
harga sangat bervariasi dan dinilai cukup terjangkau, berkisar Rp. 8000 – Rp.25.000
disini tentunya harga menentukan kualitas dan ukuran coklat per kemasannya.
3. Place
Diantara
4P dalam marketing Mix, komponen place mungkin kurang banyak diperhatikan oleh
para pemasar atau manajemen. Padahal komponen place ini memegang peranan yang
sangat penting dalam pemasaran, karena tujuan utama dari pemasaran adalah
menyalurkan barang - barang atau jasa, maka diperlukan adanya kegiatan
penyaluran yang harus dilalui oleh barang - barang dari produsen ke konsumen
pada waktu dan jumlah yang tepat.
Untuk
place disini jika produk dan harga telah ditetapkan, kini tinggal menentukan
tempatnya. Dalam pembuatan bertempat di Jalan Moh.Toha Bandung.
Serta yang
paling penting ialah untuk memasarkan beragam produknya ia menetapkan place pada supermarket. Karena supermarket salah satu dimana para konsumen berdatangan.
Bisa dilihat suasana tempatnya seperti yang dibawah ini:
Adapun
pada tempat bermain anak yaitu Kidzania yang dimana ini adalah tempat segala
profesi yang bisa diperankan oleh anak-anak. Dan terdapat sebuah silverqueen
factory disana. Dengan adanya silverqueen factory anak-anak dipengaruhi oleh
pemasaran sebuah coklat dan dengan itu diharapkan minat anak-anak pada coklat
dapat meningkat sehingga memperluas pangsa pasar PT.Ceres itu sendiri, seperti
dibawah ini:
4. Promotion
Promosi
dalam marketing mix meliputi komunikasi pemasaran yang lengkap terpadu yang
pada gilirannya meliputi iklan serta promosi penjualan. Promosi juga menentukan
segmentasi targeting dan positioning produk.
Cara promosi yang dilakukan oleh PT.Ceres
dengan penyebaran brosur belanja yang disebarkan oleh alfamart ataupun giant
yang merupakan sebuah supermarket yang cukup ramai diserbu para konsumen. Contohnya
seperti yang dibawah ini:
Pada
PT.ceres ini promosi yang unik dengan menggunakan moment yang sangat dinanti
anak muda yaitu memberikan hadiah sebuah boneka saat hari valentine di setiap
pembelian produk coklatnya. Contohnya seperti yang dibawah ini:
Pa saya bisa beli Silverqueen ga kalo bisa saya minta harga nya buat saya jual lagi
BalasHapus